Saturday, January 26, 2013

AirAsia Branding Phenomenon

Salah satu kunci kesuksesan airline AirAsia itu di aspek branding. Image sebagai sebuah airline dengan tiket murah atau disebut low cost airline dikenal oleh konsumen secara luas. Warna merah menyala untuk pesawat dan seragam awaknya sangat mudah diidentifikasi oleh konsumen. Sampai-sampai seorang kawan menyatakan di fikirannya kalau warna merah berasosiasi dengan 2 hal: mobil Ferrari dan AirAsia. Belum lagi berbagai merchandise diproduksi untuk promosi brand AirAsia: mulai dari t-shirt, topi, gantungan kunci sampai model pesawat.

Berikut merupakan foto yang penulis ambil dari event acara Mabit Remaja.
Ketika di awal acara peserta yang usianya SD-SMP diminta untuk membuat sesuatu dari sebuah kertas: ada yang membuat kapal laut dan kebanyakan membuat pesawat. Setiap karyanya diberi nama sesuai imaginasi peserta. Ada yang membuat kapal laut bernamakan "Titanic". Yang menarik perhatian penulis, adalah sebuah pesawat kertas bertuliskan "AirAsia" satu sisi dan "Pesawat Terbang" di sisi lain. Namun sayang anak yang membuatnya tidak diketahui sampai sekarang. Ya si pembuat pesawat kertas itu mengasosiasikan "Pesawat Terbang" dengan "AirAsia", kenapa bukan airline lain? Padahal dibanding airline lain airasia bisa dibilang airline yang baru dibandingkan airline lain yang telah lebih lama melanglangbuana. Ya, bisa jadi ini contoh kecil suksesnya branding "AirAsia"

No comments:

Post a Comment