Wednesday, January 23, 2013

Jum'at Malam vs Malam Jum'at

Sebagian besar orang Indonesia mengerti  perbedaan makna "Malam Jum'at" dan "Jum'at Malam". Hal ini bukan sekedar personalan DM atau MD dalam tata bahasa Indonesia, akan tetapi memiliki makna berbeda. Jadi kalau malam Jum'at itu waktu setelah terbenam matahari pada hari kamis sampai terbit matahari keesokan harinya. Sedangkan Jum'at malam artinya waktu setelah terbenam matahari pada hari Jum'at sampai tengah malam. Sehingga malam Jum'at bisa dikatakan juga Kamis malam dan Jum'at malam diartikan malam Sabtu.

Walaupun sebagian besar kita tahu makna perangkaian kata malam di depan atau di belakang kata hari. Akan tetapi mungkin banyak yang tidak faham asal-usulnya. Kalau menurut hemat penulis hal itu disebabkan penggunaan kalender Hijriyah dan Masehi. Dalam kalender Hijriyah sebuah hari dimulai dari terbenam matahari, sedangkan dalam kalender Masehi sebuah hari dimulai pada tengah malam. Sehingga pada saat terbenam matahari hari Kamis, hari Jum'at telah masuk menurut kalender Hijriyah sehingga disebut sebagai malam Jum'at. Sedangkan menurut kalender Masehi saat tersebut masih hari Kamis, sehingga disebut Kamis malam.

Bagi anda yang memiliki hp Android anda bisa meng-install applikasi widget pengingat tanggal Hijriyah. Silahkan download di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dssoft.hijriyahwidget


No comments:

Post a Comment